Seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara,
animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna
multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada,
multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam
aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang
dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia
tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti
dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat
aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai
elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan
komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu
aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Semua pesan-pesan,
perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar
televisi disebut Multimedia Project. Jika suatu multimedia dipasarkan kepada
masyarakat, biasanya dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus, dengan atau
tanpa instruksi disebut Multimedia Title.
Bukan suatu keharusan bagi
suatu multimedia untuk membuat sarana interactive bagi pemakai / pengguna agar
disebut dengan multimedia. Pemakai / pengguna dapat duduk dan menyaksikan
sebagaimana mereka menyaksikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi
linear, mulai dari awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai / pengguna
diberikan kendali / navigasi untuk menjelajah isi project, project menjadi
Nonlinear dan Interactive, dan project menjadi pintu gerbang informasi pribadi
yang amat menarik.
Untuk menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.
Untuk menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.
Elemen-elemen dari
multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools.
Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga
dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video
Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau
video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk
dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan
disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang
menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.
Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki oleh PC
multimedia yaitu :
·
Membuat dan mensintensis bunyi
·
Menangkap bunyi dari media external
·
Mengendalikan bunyi yang dibuat dari
instrument elektronik misalnya MIDI
·
Memainkan kembali bunyi tersebut lewat
speaker atau media lainnya
Jenis – jenis format audio:
·
Uncompressed : WAV, AIFF
·
Lossless compression : FLAC
·
Lossy compression : MP3, AAC, WMA
Komponen pada audio : frekuensi, amplitudo, timbre, dan
peach
Apa itu Audio dan Video?
AUDIO berarti
“suara” atau “reproduksi suara”. Dalam
ilmu fisika, suara adalah bentuk energi yang dikenal sebagai energi
akustik. Secara khusus, mengacu pada rentang frekuensi yang dapat
dideteksi oleh telinga manusia – sekitar 20Hz to 20kHz. Frekuensi 20Hz
merupakan nada suara terendah (bassiest) yang kita bisa dengar, dan 20kHz
merupakan nada tertinggi yang kita bisa dengar. Audio juga berarti system
system perkaman atau penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi ,
amplifier dan lain2. Audio merupakan fenomena fisik yang dihasilkan getaran
benda yg berupa sinyal analog dengan amplitudo yg berubah secara kontinyu
terhadap waktu. Komponen audio terdiri dari:
·
Frekuensi
: banyaknya periode dalam satuan detik, satuannya Hz atau cycles per second
(cps)
·
Amplitudo
: tinggi rendahnya suara atau keras lemahnya suara, satuannya dB
·
Velocity
: kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar, satuannya
m/s
Tipe format audio:
·
Uncompressed : Suara masih polos, tidak
ada kompress, apa adanya. Contohnya di Windows WAV, pada umumnya ukuran file
relatif besar
·
Format with lossless compression : Ada
kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan pengurangan bit rate
(spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk merekam suara)
·
Format with lossy compression : Kompresi
paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file, kompresi dilakukan untuk
menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya sizenya tidak terlalu besar. Contohnya
mp3, aac, owg (linux), wma (windows)
Software: Winamp, RealPlayer, Windows Media Player,
QuickTime, JetAudio, iTunes dll
Pada
proses transmisi data audio terjadi 2 system yaitu encoder dan decode, encoder
dimana sebelum dikirm suatu audio itu di compress dan decoder itu dimana suatu
audio setelah diterima di tampilkan ke computer dengan file asli tanpa komress
VIDEO Merupakan
sekumpulan gambar Mati atau tidak bergerak yang dibaca secara berurutan
sehingga bias kelihatan seperti berjalan, kualitas video diukur dari FPS atau
frame per second, dimana 60fps itu berarti ada pembacaan 60 gambar dalam 1 sec,
Semakin besar ukuran fps suatu video semakin bagus dan halus video itu bergerak. Komponen
video terdiri dari:
·
Frames per second : merupakan jumlah frame
per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya akan
lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video, pergerakan
yang terlihat.
·
Aspek Ratio : merupakan perbandingan lebar
dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap detail
gambar ditampilkan dalam pixel
·
Resolusi : jumlah pixel yang digunakan,
semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar yang lebih
tajam
·
Bit Depth : merupakan ukuran pixel untuk
menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang dihasilkan
akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
·
Bit Rate : suatu ukuran kecepatan bit suatu
data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst. Semakin besar
bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video menggunakan 2 teknik:
·
Interlaced : metode untuk menampilkan gambar
seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara bergantian antara garis
ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya. Refresh rate 50-80Hz.
·
Progressive : metode untuk menampilkan,
menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk tiap frame digambar
secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer, LCD TV dll.
Teknologi Pertelevisian:
·
PAL adalah enconding berwarna
yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase.
PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik
(fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format
YUV.
·
SECAM banyak digunakan di
Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz
refresh rate dan 625 baris.
·
NTSC membagi 25 baris per frame
dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525
baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll.
Menggunakan format YIQ.
·
HDTV standar televisi baru
dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek
ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan mendasar dari standar diatas adalah
jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame ratenya, jumlah bandwith yang
digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio videonya.
Beberapa format video :
·
MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas
platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images,
text terpisah.
·
MPEG : file terkompresi lossy, pada umumnya
beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support
progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD
·
DIVX : codec diciptakan oleh DivX Inc.
File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
·
WMV : code milik Microsoft yang berbasis pada
MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi wmv,
avi, atau asf
Software: QuickTime, Windows Media Player, DivXPro,
RealOne Player, GOM Player, K-Lite Codec Player, Power DVD dll
Apa itu
multimedia??
Multimedia apabila dipecah,
diperoleh 2 kata, yaitu multi dan media. Multi bisa berarti banyak atau
beraneka ragam, sedangkan media adalah sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan atau membawakan informasi kepada orang lain. Sehingga dapat
diperoleh makna multimedia yaitu, penggunaan dan pemanfaatan berbagai macam
media untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain.
Komponen
multimedia
berdasarkan arti multimedia, maka multimedia itu dapat berisi
dari 1 atau beberapa komponen berikut:
- Text
Media text merupakan media yang paling mudah
disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
- Plain Text
Plain
Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text
tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
- Rich Format Text
Rich
format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF)
merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
·
Hyper Text
Hyper text diperkenalkan
oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
o bersifat
linking, dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
o non
linear
o kita
bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua
contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
- HTML
Hyper
text markup language, kegunaannya:
- control tampilan web
- mendukung link
- mampu menambah object
- XML
extensible
markup language, kegunaannya:
- sederhana dan terstruktur
- cepat dan portable
- mudah di-maintenance
- gambar (graphics)
Gambar
menjadi salah satu yang termasuk dalam multimedia karena manusia cenderung
lebih mudah menangkap maksud suatu informasi melalui gambar (penglihatan)
daripada menggunakan text (kata).
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
- vector
Gambar
yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika
sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point.
Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat
diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar
tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat
diubah-ubah.
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
- bitmap
Gambar
bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk
pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada
resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar :
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar :
§ Suara
§ video
Tidak ada komentar:
Posting Komentar