Pengenalan
Teknologi multimedia sejak kebelakangan ini menjadi salah satu bahan penyelidikan yang menarik dalam bidang pendidikan. Teknologi multimedia menjadi menarik kerana teknologi ini baru diperkenalkan pada tahun 1990-an walaupun sebelumnya sistem CAL (Computer Aided Learning) dan hiperteks masih terbatas dalam media yang terpisah-pisah belum digabungkan seperti multimedia yang memiliki makna gabungan pelbagai media; teks, suara imej, animasi dan video dalam satu perisian (Jacobs, 1992).
Perkembangan multimedia diawali dengan penyebaran CD-ROM pada kurun waktu 1980-an yang mengandungi muzik dan pengkalan data berupa hiperteks untuk keperluan menyimpan dan penyebaran maklumat. Teknologi CD-ROM memiliki kapasiti setoran sebanyak 1000 hingga 1200 megabytes. Oleh kerana kapasitinya ini maka CD-ROM menjadi salah satu tempat alternatif untuk menyimpan dan menyebarkan multimedia yang selalunya memerlukan kapaisiti setoran yang banyak. Kini, yang perlu diperhatikan adalah bagaimanamenjadi teknologi multimedia dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
Kemajuan teknologi moden adalah saalah satu faktor yang turut mempengaruhi pembaharuan pesat berlaku dalam dunia pendidikan. Peranan teknologi semakin dirasakan oleh pelbagai sektor terutama sektor perniagaan, telekomunikasi, pentadbiran dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan, kerajaan dan masyarakat awam telah memberikan perhatian mendalam tentang perkara tersebut kerana menyedari hakikat tentang peranan dan fungsi yang boleh dimainkan oleh teknologi dalam pendidikan. Mereka yakin bahawa teknologi boleh membantu mencapai matlamat dan tujuan pendidikan untuk menjadikan proses pengajaran dan pembelajaran lebih berkesan dan bermakna. Yelland, N. et.all. (1997) mengatakan bahawa teknologi dapat memberi kesempatan kepada kanak-kanak untuk meningkatkan proses pembelajaran.
Multimedia boleh digunakan sebagai media pendidikan yang berkesan. Kelebihan multimedia berbanding dengan media-media lain adalah jelas. Multimedia mampu merangkumi pelbagai media: teks, suara, imej, grafik, dan animasi dalam satu persekitaran digital. Multimedia membolehkan interaktiviti dengan pengguna. Kewujudan multimedia dalam persekitaran pendidikan telah menunjukkan suatu perkembangan baru yang diharapkan mampu membantu dunia pendidikan menjadi lebih berkesan melalui proses pengajaran dan pembelajaran. Bahkan kalau boleh untuk menarik minat pelajar mengguanakn strategi penyapaduan.
Sebagaimana media pendidikan lain, multimedia adalah alat, kaedah dan pendekatan yang digunakan untuk membuatkan komunikasi di antara guru dengan pelajar semasa proses pengajaran dan pembelajaran lebih berkesan. D’Lgnazio (bairley 1996) mengatakan bahawa multimedia adalah teknologi baru yang dapat memberikan banyak manfaat pembangunan kepada dunia pendidikan. Pembangunan yang dimaksudkan adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan bahagian-bahagian tertentu yang bermakna dari kehidupan pelajar.Manfaat lain bermaksud pelajar yang terlibat dalam proses pembelajaran melalui pakej multimedia boleh mempelajari ilmu yang ada di dalamnya yang sesuai dengan minat, kesukaan, bakat, keperluan, pengetahuan dan emosinya.
Kemampuan multimedia memberi
pengajaran secara persendirian (melalui sistem tutor peribadi) bukan bererti
tiada pengajaran secara langsung daripada guru (orang dewasa). Pengajaran
langsung daripada guru tetap dikekalkan tetapi pakej multimedia boleh
menyenangkan pengajaran guru terutamanya guru tidak perlu mengulang penerangan
jika pelajar tidak faham. Pakej boleh dilihat berulangkali sehingga pelajar
faham. Selain daripada itu multimedia juga memberikan motivasi untuk belajar,
memberikan penjelasan yang lebih berkesan dan lengkap terhadap sesuatu
permasalahan. Ia juga memudahkan pelajar mengulangkaji , mengadakan latihan dan
mengukur kemampuan kerana multimedia membolehkan pelajar untuk berinteraktif
dengan pakej pembelajaran. Oleh itu kehadiran multimedia dalam proses
pembelajaran sangat dirasakan manfaatnya. Bagi perancang pakej multimedia perlu
mendalami rekabentuk pembelajaran agar pakej multimedia yang dibina lebih
terarah dan terancang sesuai dengan objektif pengajaran yang telah ditetapkan.
Walaupun multimedia berperanan dalam proses pembelajaran bukan bermakna bahawa multimedia adalah penentu keberhasilan pembelajaran kerana masih banyak faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran antaranya; keadaan motivasi belajar, keadaan sosial, ekonomi dan pendidikan keluarga, situasi pada saat pembelajaran, kurikulum dan guru. DeVoogd & Kritt(1997) mengatakan multimedia tidak mengajar sebab yang mengajar ialah guru. Dalam penggunaan media, apabila seseorang pelajar faham dan cekap maka aktiviti akan berjalan dengan baik dan menguasai bahan pelajaran sedangkan apabila sebaliknya, maka media tersebut bukannya untuk mempermudah bahakan mungkin akan menghambat keberhasilan ; “Educational effectiveness does not depend on the medium but how it is used”(Strafold, 1994). Lebih jelas lagi Salomon (1979) menyatakan bahawa perbezaan media akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang. Beliau juga akan menegaskan bahawa perbezaan media akan diikuti dengan perbezaan pesanan yang disampaikan.
Pembelajaran Berbantukan Komputer (PBK)
Criswell(1989) mendefinisikan PBK sebagai penggunaan komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan pelajar secara aktif. Pendek kata matlamat PBK ialah untuk mengajar. Mengajar bermakna menyampaikan pengajaran dengan menggunakan program komputer. Menurut Gagne dan Briggs (Wang dan Sleeman 1994) kemasyhuran komputer menjadi popular sebagi media pembelejaran kerana komputer memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran yang lain sebelum zaman komputer. Di antara keistimewaan tersebut adalah:
Hubungan interaktif : Komputer membolehkan wujudnya hubungan di antara rangsangan dengan jawapan. Bahkan menurut Dublin (1984,1996) komputer dapat menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat.
Pengulangan : Komputer membolehkan pengguna mengulangi apabila perlu untuk memperkuatkan lagi pembelajaran dan memperbaiki lagi ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreativiti daripada para pelajar (Clements, 1994)
Maklumbalas dan peneguhan : Media komputer membolehkan pelajar memperoleh maklum balas terhadap pelajaran serta merta dan boleh memotivasikan pelajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila pelajar memberikan jawapan.
Pelbagai kajian telah dijalankan untuk mengukur keberkesanan komputer sebagai media pembelajaran. Dari Hasil kajian lepas ada yang menyatakan bahawa PBK telah menunjukkan kesan positif terhadap pembelajaran dan ada juga yang menyatakan PBK menunjukkan kesan negatif. Namun secara keseluruhannya lebih banyak kajian yang menyatakan bahawa PBK memberi kesan yang posittif berbanding dengan pembelajaran yang menggunakan kaedah tradisional (wang dan Seleman 1194).
Kulik, Bergert dan William (1983) telah mengkaji keberkesanan penggunaan Pembelajaran Berbantukan Komputer terhadap 48 orang pelajar. Hasil kajiannya menunjukkan bahawa 39 orang pelajar yang menggunakan komputer memperoleh markah yang labih tinggi berbanding dengan pelajatr yang menggunakan kaedah tradisional. Kajian ini juga menyatakan bahawa bahawa Pembelajaran Berbantukan Komputer memiliki kelebihan 0.5 berbanding dengan pembelajaran dengan menggunakan kaedah tradisional.
Menurut hasil kajian Mathis, Smith dan Hansen (1970) terhadap sikap para pelajar Institusi Pengajian Tinggi, didapati bahawa pelajar memiliki sikap yang positif terhadap PBK apabila pelajar tidak mengalami kesukaran dari segi literasi komputer sedangkan bagi p[elajar yang mengalami kesukaran dalam literasi komputer mereka bersikap negatif terhadap PBK. Namun begitu, mereka masih menganggap bahawa PBK adalah lebih baik diikuti daripada tidak.
Magidson(1978) menyatakan bahawa sikap pelajar yang menggunakan PBK bagi pelajaran Bahasa Inggeris adalah lebih positif berbanding pelajar Biologi. Koch(1973) menyatakan PBK lebih berkesan dalam bidang bahasa asing daripada bidang sains. Suppes dan Morningstar(1969) mengkaji PBK dalam bidang bahasa Bahasa Russia mendapatinya lebih berkesan kerana ia lebih mudah diingat daripada bidang biologi dan Roblyer(1988) menyatakan bahawa dalam bidang matematik, bacaan dan kemahiran kognitif, hasilnya adalah sama antara PBK dengan kaedah tradisional.
Walaupun multimedia berperanan dalam proses pembelajaran bukan bermakna bahawa multimedia adalah penentu keberhasilan pembelajaran kerana masih banyak faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran antaranya; keadaan motivasi belajar, keadaan sosial, ekonomi dan pendidikan keluarga, situasi pada saat pembelajaran, kurikulum dan guru. DeVoogd & Kritt(1997) mengatakan multimedia tidak mengajar sebab yang mengajar ialah guru. Dalam penggunaan media, apabila seseorang pelajar faham dan cekap maka aktiviti akan berjalan dengan baik dan menguasai bahan pelajaran sedangkan apabila sebaliknya, maka media tersebut bukannya untuk mempermudah bahakan mungkin akan menghambat keberhasilan ; “Educational effectiveness does not depend on the medium but how it is used”(Strafold, 1994). Lebih jelas lagi Salomon (1979) menyatakan bahawa perbezaan media akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang. Beliau juga akan menegaskan bahawa perbezaan media akan diikuti dengan perbezaan pesanan yang disampaikan.
Pembelajaran Berbantukan Komputer (PBK)
Criswell(1989) mendefinisikan PBK sebagai penggunaan komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan pelajar secara aktif. Pendek kata matlamat PBK ialah untuk mengajar. Mengajar bermakna menyampaikan pengajaran dengan menggunakan program komputer. Menurut Gagne dan Briggs (Wang dan Sleeman 1994) kemasyhuran komputer menjadi popular sebagi media pembelejaran kerana komputer memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran yang lain sebelum zaman komputer. Di antara keistimewaan tersebut adalah:
Hubungan interaktif : Komputer membolehkan wujudnya hubungan di antara rangsangan dengan jawapan. Bahkan menurut Dublin (1984,1996) komputer dapat menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat.
Pengulangan : Komputer membolehkan pengguna mengulangi apabila perlu untuk memperkuatkan lagi pembelajaran dan memperbaiki lagi ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreativiti daripada para pelajar (Clements, 1994)
Maklumbalas dan peneguhan : Media komputer membolehkan pelajar memperoleh maklum balas terhadap pelajaran serta merta dan boleh memotivasikan pelajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila pelajar memberikan jawapan.
Pelbagai kajian telah dijalankan untuk mengukur keberkesanan komputer sebagai media pembelajaran. Dari Hasil kajian lepas ada yang menyatakan bahawa PBK telah menunjukkan kesan positif terhadap pembelajaran dan ada juga yang menyatakan PBK menunjukkan kesan negatif. Namun secara keseluruhannya lebih banyak kajian yang menyatakan bahawa PBK memberi kesan yang posittif berbanding dengan pembelajaran yang menggunakan kaedah tradisional (wang dan Seleman 1194).
Kulik, Bergert dan William (1983) telah mengkaji keberkesanan penggunaan Pembelajaran Berbantukan Komputer terhadap 48 orang pelajar. Hasil kajiannya menunjukkan bahawa 39 orang pelajar yang menggunakan komputer memperoleh markah yang labih tinggi berbanding dengan pelajatr yang menggunakan kaedah tradisional. Kajian ini juga menyatakan bahawa bahawa Pembelajaran Berbantukan Komputer memiliki kelebihan 0.5 berbanding dengan pembelajaran dengan menggunakan kaedah tradisional.
Menurut hasil kajian Mathis, Smith dan Hansen (1970) terhadap sikap para pelajar Institusi Pengajian Tinggi, didapati bahawa pelajar memiliki sikap yang positif terhadap PBK apabila pelajar tidak mengalami kesukaran dari segi literasi komputer sedangkan bagi p[elajar yang mengalami kesukaran dalam literasi komputer mereka bersikap negatif terhadap PBK. Namun begitu, mereka masih menganggap bahawa PBK adalah lebih baik diikuti daripada tidak.
Magidson(1978) menyatakan bahawa sikap pelajar yang menggunakan PBK bagi pelajaran Bahasa Inggeris adalah lebih positif berbanding pelajar Biologi. Koch(1973) menyatakan PBK lebih berkesan dalam bidang bahasa asing daripada bidang sains. Suppes dan Morningstar(1969) mengkaji PBK dalam bidang bahasa Bahasa Russia mendapatinya lebih berkesan kerana ia lebih mudah diingat daripada bidang biologi dan Roblyer(1988) menyatakan bahawa dalam bidang matematik, bacaan dan kemahiran kognitif, hasilnya adalah sama antara PBK dengan kaedah tradisional.
Begitu dengan kajian yang dijalankan
oleh Munir dan Halimah Badioze Zaman(1998) mengatakan abahwa multimedia amat
berkesan dalam menggalakkkan kanak-kanak belajar membaca. Sedangkan dalam
bidang sains, keberkesanan PBK adalah lebih baik dua kali ganda daripada
pembelajaran dengan kaedah tradisional. Sebagai kesimpulan dari pelbagai kajian
lepas dapatlah dinyatakan secara keseluruhannya bahawa kaedah PBK adalah lebih
baik daripada kaedah tradisional (Wang & Seleman 1994).
Multimedia merupakan teknologi
maklumat terkini yang membolehkan integrasi dan manipulasi video,audio, teks,
grafik dan animasi. Bagi bidang pendidikan proses pengajaran dan pembelajaran
menggunakan multimedia berasakan computer merupakan pengalaman yang
menyeronokan disamping membantu memudahkan pemahaman sesuatu konsep dengan
mudah dan cepat. Kaedah ini membolehkan pelajar mengaplikasikan sokongan audio
– visual yang biasanya digunakan dalam persembahan grafik dan animasi teks bagi
menyesuaikan buah fikiran mengikut apa yang sedang dikaji oleh pelajar
tersebut.
Dunia multimedia juga memperlihatkan penggunaan alat-alat yang canggih dalam pendidikan. Sebagai contoh lelaman internet, CD-Rom, kamus digital, gambar digital kamera yang terdapat dalam dua bentuk iaitu Jpeg atau gif,video dan banyak lagi. Multimedia dalam bidang ini sememangnya tidak dapat dielakkan lagi kerana kita sendiri dapat melihat penggunaannya ketika proses pembelajaran sebagai contah penggunaan CD-Rom untuk pengajaran bahasa,penggunaan bahasa yang betul ataupun paparan gambaran digitaluntuk mentafsir peribahasa. Ianya menjadi satu teknik yang diaplikasikan oleh hampir semua sekolah di seluruh Malaysia.
Bagi penggunaan mel elektronik pula, pengajar dan pelajar mempunyai satu platform untuk berkomunikasi tampa mengira dimana jua mereka berada mahupun ketika bercuti. Mel elektronik menjadi satu penghubung dan cara yang berkesan untuk mendekatkan guru dan pelajar. Pelajar boleh mnghantar tugasan yang diberikan oleh pengajar tanpa perlu bersemuka untuk menghabiskan komunikasi pembelajaran. Oleh itu, kewujudan system pendidikan berasakan multimedia sedikit sebanyak dapat menjimatkan kertas dan juga tenaga.
Peranan yang direalisasikan oleh penggunaan multimedia adalah memberikan peluang kepada pelajar untuk belajar berdikari berasakan kemampuan dan kebolehan masing-masing. Walau bagaimanapun, kefahaman dan kelancaran dalam mendalami ilmu lebih konsisten serta menjadikan aktiviti pengajaran dan pembelajaran lebih menarik dan menyeronokkan. Tidak lupa juga arus pengaliran maklumat kepada pelajar juga dapat dilakukan semaksimum mungkin secara berulang-ulang kali.
Sehubungan dengan itu, penggunaan multimedia dalam pendidikan bakal menghasilkan tenaga pengajar serta pelajar yang celik teknologi, mampu berfikiran secara kritis dan kreatif disamping mengunakan penggunaan teknologi secara berkesan dalam pengajaran dan pembelajaran. Selain itu, iam mendemokrasikan pendidikan, memberikan peluang pembelajaran untuk semua serta menyesuaikan pembelajaran mengikut keupayaan, gaya dan tahap pembelajaran pelajar secara berbeza. Pendekatan ini juga dapat menetapkan fokus bukan sahaja kepada domain intelektual tetapi mengacuankan generasi cekap teknologi yang bersifat global yang mampu mampu beroperasi di dalam arena antarabangsa kelak.
Arus pendidikan menggunakan multimedia telah menjadi sesuatu yang realiti dan sebagai manusia kita perlu merealisasikan corak pembelajaran ini agar tenaga pengajar dan pelajar tidak ketinggalan mengejar ilmu serta setanding dengan negara-negara maju yang lain. Oleh itu, penggunaan multimedia dalam pendidikan melahirkan generasi intelektual yang flaksible merentasi dunia.
Dunia multimedia juga memperlihatkan penggunaan alat-alat yang canggih dalam pendidikan. Sebagai contoh lelaman internet, CD-Rom, kamus digital, gambar digital kamera yang terdapat dalam dua bentuk iaitu Jpeg atau gif,video dan banyak lagi. Multimedia dalam bidang ini sememangnya tidak dapat dielakkan lagi kerana kita sendiri dapat melihat penggunaannya ketika proses pembelajaran sebagai contah penggunaan CD-Rom untuk pengajaran bahasa,penggunaan bahasa yang betul ataupun paparan gambaran digitaluntuk mentafsir peribahasa. Ianya menjadi satu teknik yang diaplikasikan oleh hampir semua sekolah di seluruh Malaysia.
Bagi penggunaan mel elektronik pula, pengajar dan pelajar mempunyai satu platform untuk berkomunikasi tampa mengira dimana jua mereka berada mahupun ketika bercuti. Mel elektronik menjadi satu penghubung dan cara yang berkesan untuk mendekatkan guru dan pelajar. Pelajar boleh mnghantar tugasan yang diberikan oleh pengajar tanpa perlu bersemuka untuk menghabiskan komunikasi pembelajaran. Oleh itu, kewujudan system pendidikan berasakan multimedia sedikit sebanyak dapat menjimatkan kertas dan juga tenaga.
Peranan yang direalisasikan oleh penggunaan multimedia adalah memberikan peluang kepada pelajar untuk belajar berdikari berasakan kemampuan dan kebolehan masing-masing. Walau bagaimanapun, kefahaman dan kelancaran dalam mendalami ilmu lebih konsisten serta menjadikan aktiviti pengajaran dan pembelajaran lebih menarik dan menyeronokkan. Tidak lupa juga arus pengaliran maklumat kepada pelajar juga dapat dilakukan semaksimum mungkin secara berulang-ulang kali.
Sehubungan dengan itu, penggunaan multimedia dalam pendidikan bakal menghasilkan tenaga pengajar serta pelajar yang celik teknologi, mampu berfikiran secara kritis dan kreatif disamping mengunakan penggunaan teknologi secara berkesan dalam pengajaran dan pembelajaran. Selain itu, iam mendemokrasikan pendidikan, memberikan peluang pembelajaran untuk semua serta menyesuaikan pembelajaran mengikut keupayaan, gaya dan tahap pembelajaran pelajar secara berbeza. Pendekatan ini juga dapat menetapkan fokus bukan sahaja kepada domain intelektual tetapi mengacuankan generasi cekap teknologi yang bersifat global yang mampu mampu beroperasi di dalam arena antarabangsa kelak.
Arus pendidikan menggunakan multimedia telah menjadi sesuatu yang realiti dan sebagai manusia kita perlu merealisasikan corak pembelajaran ini agar tenaga pengajar dan pelajar tidak ketinggalan mengejar ilmu serta setanding dengan negara-negara maju yang lain. Oleh itu, penggunaan multimedia dalam pendidikan melahirkan generasi intelektual yang flaksible merentasi dunia.
MULTIMEDIA
UNTUK PEMBELAJARAN
Multimedia
telah mengalami perkembangan konsep sejalan dengan berkembangnya teknologi
pembelajaran. Ketika teknologi komputer belum dikenal, konsep multimedia sudah
dikenal yakni dengan mengintegrasikan berbagai unsur media, seperti: cetak,
kaset audio, video dan slide suara. Unsur-unsur tersebut dikemas dan
dikombinasikan untuk menyampaikan suatu topik materi pelajaran tertentu. Pada
konsep ini, setiap unsur media dianggap mempunyai kekuatan dan kelemahan.
Kekuatan salah satu unsur media dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan media
lainnya. Misalnya, penjelasan yang tidak cukup disampaikan dengan teks tertulis
seperti cara mengucapkan sesuatu, maka dibantu oleh media audio. Demikian juga
materi yang perlu visualisasi dan gerak, maka dibantu dengan video.
Berikut
akan kita lihat beberapa kekuatan dan kelemahan dari unsur multimedia tersebut.
Text
Text
mungkin bukan merupakan media paling kuno yang digunakan oleh manusia dalam menyampaikan
informasi; suara (sound) adalah media yang lebih dahulu digunakan di dalam
menyampaikan informasi. Para filusuf Yunani , bahkan para Nabi
menggunakan suara sebagai media utama untuk menyebarkan ajarannya. Namun di
dalam penggunaannya di dalam komputer, text adalah media yang paling awal dan
juga paling sederhana. Di awal- awal perkembangan teknologi komputer text
adalah media yang dominan (bahkan satu-satunya). Hal yang sama juga berlaku di
dalam perkembangan internet. Ketika internet masih bernama ARPANET di
awal tahun 1970 an text merupakan satunya-satunya media. Kini ketika
perkembangan teknologi komputer telah demikian maju, text bukan lagi media yang
dominan. Namun demikian ada beberapa kelebihan text di dalam penggunaannya di
dalam multimedia pembelajaran :
-
Text dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed).
-
Text dapat digunakan untuk materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus
matematika atau penjelasan suatu proses yang panjang.
-
Teknologi untuk
menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana dibandingkan
teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini juga lebih murah bila dibandingkan
media-media lain.
-
Sangat cocok sebagai media input maupun umpan balik (feedback).
Kelemahan
media text :
-
Kurang kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
-
Mata cepat lelah ketika harus menyerap materi melalui text yang panjang dan
padat pada layar komputer.
Audio
Socrates
pernah berujar bahwa suara adalah imitasi terbaik bagi pikiran maka suara
adalah media terbaik untuk menyampaikan informasi. Bagi Socrates text adalah
imitasi dari suara, dengan demikian sebagai penyampai pikiran text bukanlah
media yang ideal karena ia hanyalah imitasi dari suatu imitasi. Pendapat
Socrates mungkin ada benarnya karena suara adalah media yang secara natural
telah dimiliki oleh manusia sehingga suara adalah media yang paling alami. Guru
di kelas pun lebih banyak mengandalkan suara baik ketika memberikan materi atau
melakukan motivasi bagi siswa-siswanya. Jika untuk percakapan secara langsung
audio adalah media yang simpel dan alami maka tidak demikian halnya ketika
digunakan di dalam komputer. Penggunaan suara di dalam komputer berlangsung belakangan
sesudah penggunaan text.
Kelebihan
suara di dalam multimedia pembelajaran :
-
sangat cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
-
Untuk materi- materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli
dari materi (misal pelajaran mengenai mengenal suara-suara binatang)
-
Membantu pembelajar fokus pada materi yang dipelajari karena pembelajar cukup
mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi .
Bandingkan dengan pembelajar yang melihat teks di layar komputer. Dalam hal ini
pembelajar melakukan multi aktivitas yakni : membaca teks pada layar (yang
tidak semudah membaca pada buku), mencari kata-kata kunci (keyword) dari
materi, dan menggerakkan tangan, seperti melakukan klik mouse untuk
menggulung layar saat ingin melihat bagian teks yang tak terlihat pada layar.
Kelemahan
audio :
-
memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
-
Memerlukan software dan hardware yang spesifik (dan mungkin
mahal) agar suara dapat disampaikan melalui komputer.
Graphics
“A
picture is worth a thousand words’. Peribahasa ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar di dalam
pembelajaran mampu menjelaskan banyak hal bila dibandingkan dengan media text.
Kelebihan
media gambar :
-
lebih mudah dalam mengidentifikasi obyek-obyek.
-
Lebih mudah dalam mengklasifikasikan obyek.
-
Mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek.
-
Membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
Animasi
Animasi
adalah salah satu daya tarik utama di dalam suatu program multimedia
interaktif. Bukan saja mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar
dijelaskan dengan media lain, animasi juga memiliki daya tarik estetika
sehingga tampilan yang menarik dan eye-catching akan memotivasi pengguna
untuk terlibat di dalam proses pembelajaran.
Manfaat
animasi :
-
Menunjukkan obyek dengan ide (misal efek gravitasi pada suatu obyek)
-
Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan kedalam aliran darah
atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik)
-
Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan
arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
-
Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu
segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Simulasi
Media
simulasi mirip dengan animasi, tetapi ada satu perbedaan yang menonjol ! Bila
dalam animasi kontrol dari pengguna hanyalah sebatas memutar ulang maka di
dalam simulasi kontrol pengguna lebih luas lagi. Pengguna bisa memasukkan
variabel-varibel tertentu untuk melihat bagaimana besarnya variabel berpengaruh
terhadap proses yang tengah dipelajari. Sebagai contoh pada simulasi
pembentukan bayangan oleh suatu lensa, pengguna dapat mengubah sendiri nilai
indeks bias dan kelengkungan lensa sehingga pengguna dapat melihat secara
langsung bagaimana variabel-variabel tersebut berpengaruh terhadap pembentukan
bayangan.
Manfaat
simulasi :
-
Menyediakan suatu tiruan yang bila dilakukan pada peralatan yang sesungguhnya
terlalu mahal atau berbahaya (misal simulasi melihat bentuk tegangan listrik
dengan simulasi oscilloscope atau melakukan praktek menerbangkan pesawat
dengan simulasi penerbangan).
-
Menunjukkan suatu proses abstrak di mana pengguna ingin melihat pengaruh
perubahan suatu variabel terhadap proses tersebut (misal perubahan frekwensi
tegangan listrik bolak balik yang melewati suatu kapasitor atau induktor).
Video
Kelebihan-kelebihan
video di dalam multimedia adalah:
-
Memaparkan keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian
-
Sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar,
video dapat memperkaya pemaparan.
-
Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk
melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video
disampaikan melalui media seperti televisi.
-
Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
-
Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan
pesan dibandingkan media text.
-
Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu
segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Kelemahan
:
-
Video mungkin saja kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus
mampu mengingat detil dari scene ke scene.
-
Umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan
melalui text sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam
berinteraksi dengan materi.
Pada
pertengahan dekade tahun 80-an tatkala teknologi komputer multimedia mulai
diperkenalkan, maka sejak saat itu multimedia pembelajaran berbasis
komputer-pun dimulai. Terdapat berbagai sebutan untuk media pembelajaran
berbasis computer seperti CAI (Computer Assisted Instruction),
MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif), SPM (Software Pembelajaran Mandiri),
media presentasi berbantuan komputer, dll. Setiap penyebutan tentu saja
mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan yang dimaksudkan oleh
pengembangnya.
Media
penyimpanan-pun berkembang mulai dari kemasan disket dengan kapasitas 1,4 MB,
CD dengan kapasitas 650 MB, sampai dengan DVD yang berkapasitas 4,7 GB.
Sejalan
dengan berkembangnya teknologi jaringan dan internet, maka multimedia
berkembang tidak terbatas pada standalone PC, tapi juga berbasis
jaringan, sehingga sumber belajar menjadi lebih kaya.
FUNGSI
MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Manfaat
media pendidikan dalam proses belajar menurut Hamalik (1986) antara lain
sebagai peletakkan dasar-dasar yang kongkrit dalam berfikir untuk mengurangi
‘verbalisme’, memperbesar minat siswa, membuat pelajaran lebih menyenangkan
sehingga berdampak kepada hasil pembelajaran yang lebih memuaskan.
Multimedia
dalam pembelajaran dapat digolongkan kedalam tiga karakteristik. Pertama,
multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika
guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan
suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk
menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Multimedia dengan jenis ini
dinamakan juga dengan ‘presentasi pembelajaran’. Materi yang ditayangkan tidak
terlalu kompleks dan hanya menampilkan beberapa item yang dianggap penting,
baik berupa teks, gambar, video maupun animasi. Latihan dan tes kurang cocok
diletakkan pada presentasi pembelajaran ini, kecuali bersifat quiz guna
membangun suasana kelas agar lebih dinamis.
Kedua,
multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri. Pada tipe kedua ini
multimedia mungkin saja dapat mendukung pembelajaran di kelas mungkin juga
tidak. Berbeda dengan tipe pertama, pada tipe kedua seluruh kebutuhan
instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia.
Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk latihan, feedback dan tes
yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di dalam paket.
Ketiga,
multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran. Dengan
demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung tujuan pembelajaran juga
telah disediakan di dalam paket ini. Paket semacam ini sering disebut CBL
(Computer Based Learning).
KEUNGGULAN
MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Bates (1995) menekankan bahwa diantara
media-media lain, interaktivitas multimedia atau media lain yang berbasis
komputer adalah yang paling nyata (overt). Interaktivitas nyata di sini
adalah interaktivitas yang melibatkan fisik dan mental dari pengguna saat
mencoba program multimedia. Sebagai perbandingan media buku atau televisi
sebenarnya juga menyediakan interaktivitas, hanya saja interaktivitas ini
bersifat samar (covert) karena hanya melibatkan mental pengguna.
Interaktivitas
secara fisik dalam multimedia pembelajaran bervariasi dari yang paling
sederhana hingga yang kompleks. Interaktivitas sederhana misalnya menekan keyboard
atau melakukan klik dengan mouse untuk berpindah halaman (display)
atau memasukkan jawaban dari suatu latihan yang diberikan oleh komputer.
Interaktivitas yang komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi
sederhana di mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau di
dalam simulasi komplek di mana pengguna menggerakkan suatu joystick untuk
menirukan gerakan mengemudikan pesawat terbang.
Keunggulan
multimedia di dalam interaktivitas adalah media ini secara inheren mampu
memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi baik secara fisik dan mental.
Tentu saja kemampuan memaksa ini tergantung pada seberapa efektif instruksi
pembelajaran mampu menarik pengguna untuk mencoba secara aktif pembelajaran
yang disajikan. Sebagai contoh adalah program multimedia pembelajaran yang
berisi materi mengenai oscilloscope[1]
yang ditunjukkan pada gambar.6 di bawah ini. Dengan menggunakan multimedia
pembelajaran pengguna akan diajak secara langsung mencoba dan menggunakan
simulasi oscilloscope yang tersedia. Berbeda halnya jika materi yang
sama disajikan dengan buku atau video. Dalam hal ini pengguna hanya pasif
(secara fisik) melihat bagaimana cara menggunakan oscilloscope
ditampilkan. Aktivitas mental ( pengguna menyerap cara menggunakan dan mengatur
oscilloscope) mungkin terjadi akan tetapi aktivitas fisik (dalam hal ini
mencoba sendiri cara mengatur oscilloscope) tidak terjadi. Dengan kata
hal lain – dalam hal suatu simulasi – dengan menggunakan multimedia
pembelajaran pengguna akan mencoba secara langsung bagaimana sesuatu
terjadi.
Selanjutnya Fenrich (1997)
menyimpulkan keunggulan multimedia pembelajaran antara lain:
•
siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan , kesiapan dan keinginan mereka.
Artinya pengguna sendirilah yang mengontrol proses pembelajaran.
•
siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri
dengan kemampuan dari siswa.
•
siswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang
seketika.
•
siswa menghadapi suatu evaluasi yang obyektif melalui keikutsertaannya dalam
latihan/tes yang disediakan.
•
siswa menikmati privasi di mana mereka tak perlu malu saat melakukan kesalahan.
•
Belajar saat kebutuhan muncul (“just-in-time” learning).
•
Belajar kapan saja mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan.
Di samping itu, multimedia
pembelajaran dapat juga unggul dalam hal:
Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, electron.
Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti
gajah, rumah, gunung.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat,
seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet, berkembangnya
bunga.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau,
racun.
Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa.
FORMAT
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Dalam
penyajiannya, multimedia pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa
format, antara lain;
a.
Tutorial
Materinya
dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh
guru atau instruktur. Informasi dilakukan dengan teks, gambar, baik diam maupun
bergerak. Selesai penyajian tayangan, diberikan serangkaian pertanyaan untuk
dievaluasi tingkat keberhasilan.
b.
Drill dan Practice
Dimaksud
untuk melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan
atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
c.
Simulasi
Mencoba
menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya untuk
mensimulasikan pesawat terbang, seolah-olah pengguna melakukan aktivitas
menerbangkan pesawat terbang.
Format ini
mencoba memberikan pengalaman masalah dunia nyata yang biasanya berhubungan
dengan suatu resiko, seperti terjatuhnya pesawat terbang tersebut.
d.
Percobaan atau Eksperimen
Format ini
mirip dengan simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan eksperimen,
seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia.
Diharapkan
pada akhirnya pengguna dapat menjelaskan suatu konsep atau fenomena tertentu
berdasarkan eksperimen yang mereka lakukan secara maya tersebut.
e.
Permainan:
Permainan
yang disajikan tetap mengacu pada proses pembelajaran dan dengan program
multimedia berformat ini diharapkan terjadi aktivitas belajar sambil bermain.
Penggunaan Multimedia
Sedemikian populernya ppenggunaan multimedia pada
saat ini, namun untuk memproduksi serta menggunakannya diperlukan pertimbangan
tertentu karena membutuhkan waktu, usaha keras, dan biaya. Oleh karena itu, KO
& Rossen (2001) memberikan beberapa pertimbangan kapan multimedia digunakan
dan kapan pula ditolak.
a. Kapan
Multimedia Digunakan
·
Mengilustrasikan bagaimana mekanisme
seseuatu itu bekerja, sering yang ditampilkan adalah subjek abstrak yang
memerlukan penjelasan proses bagaimana sesuatu itu bekerja.
·
Mengklarifikasikan atau menekankan
konsep-konsep abstrak yang kompleks sering sukar diingat oleh pelajar.
·
Untuk mengilustrasikan materi yang tidak
familiar. Apakah guru akan menghadapi konteks historis dan fogografis,
ekologi, identifikasi suatu organisme, struktur atau cara bekerja sesuatu?
Dengan menggunakan media grafis dan animasi dapat meningkatkan pemahaman
pelajar.
b. Kapan
Menolak Multimedia
·
Dukungan institusi. Bila dosen berusaha
untuk menunjukkan kemampuannya dengan mengadakan riset sendiri, dan institusi
tidak memberikan kompensasi atas usaha tersebut, dan jelas yang bersangkuta
akan membatasi sesuatu yang ambisius itu.
·
Relevansi materi. Penggunaan animasi
atau video yang digunakan untuk mengekspresikan konsep atau bidang studi yang
dicoba untuk diilustrasikan sering tak membantu pemahaman materi, bahkan membingungkan.
·
Ketersediaan materi apapun. Dengan
mendapatkan materi apa saja di website anda tidak perlu membuang-buang waktu
menciptakan materi multimedia.
·
Aksesibilitas materi. Sebelum
memperoduksi unsur multimedia yang kompleks, pertimbangkan apakah pelajar
mungkin dapat mengakses dengan mudah dari komputer yang tersedia dirumah, juga
didukung oleh modem yang canggih
Multimedia dalam
pendidikan cms-formulasi Manusia terlahir sebagai mahkluk yang mempunyai hasrat
untuk ingin tahu.Pada akhir abad ke dua puluh manusia hidup dalam pranata
sosial yang serba cepat berubah. Manusia dengan akalnya telah dapat menunjukkan
kelebihan anugerah Tuhan itu dengan kemampuannya menciptakan berbagai macam
sarana yang dapat digunakan untuk menguasai, memanfaatkan, dan mengembangkan
lingkungan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidupnya. Salah satu usaha manusia
untuk memajukan kesejahteraan dan meningkatkan status sosial dalam hidupnya
yaitu pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu usaha manusia untuk
meningkatkan peradaban, mengembangkan kepribadian terutama perubahan sikap,
tingkah laku dan prestasi. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang sesuai
dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) diperlukan
satu kemampuan yang profesional baik dalam pengalaman, penalaran maupun
penguasaan ilmu melalui penelitian ilmiah. Dengan berkembangnya ilmu
pengetahuan dan teknologi diharapkan juga dapat dikembangkan dan diaplikasikan
di dunia pendidikan. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari
beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, yang di dalamnya
termasuk penggunaan metode pembelajaran, alat dan sumber belajar, serta
penilaian hasil belajar. Media merupakan salah satu bagian dari sistem
pembelajaran. Oleh karena itu adanya media sangat berpengaruh sekali terhadap
jalannya proses pembelajaran. Dengan adanya media dalam proses pembelajaran
akan mempermudah siswa memahami hal yang dipelajari. Teknologi dan pendidikan merupakan
dua hal yang sangat saling terkait satu sama lain. Pendidikan yang baik
hendaknya selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu,
saat ini sudah tidak jarang banyak orang memanfaatkan kemajuan teknologi
sebagai suatu alat untuk mempermudah dalam menyampaikan materi kepada peserta
didik. Teknologi pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam sebuah sistem
pembelajaran.. Menurut Association for Educational Communication and Technology
(AECT), teknologi pembelajaran ialah sebuah proses yang kompleks dan terpadu
yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi, untuk
menganalisis masalah, mencari pemecahan masalah, melaksanakan, mengevaluasi,
dan mengelola pemecahan masalah dalam situasi di mana kegiatan belajar itu mempunyai
tujuan yang terkontrol (Sihkabuden, 2005:3). Dengan adanya teknologi pendidikan
akan semakin mudah menghasilkan sebuah media pendidikan. image%25255B7%25255D
Dari pengalaman, guru mulai belajar bahwa cara belajar siswa itu berbeda-beda,
sebagian lebih cepat belajar melalui audio visual, sebagian lebih cepat belajar
melalui audio, sebagian lebih senang melalui media cetak, yang lainnya melalui
multimedia dan sebagainya (Sadiman ,2002;9). Berdasarkan kerucut pengalaman
(cone of experience) yang diungkap oleh Edgar Dale (dalam Latuheru, 1988:10)
bahwa perolehan hasil belajar melalui indera pandang dengar 75%, melalui indera
dengar 13% dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Multimedia adalah
penggabungan berbagai media (teks, suara, gambar, animasi dan video) dengan
alat bantu (tool) dan koneksi (link) sebagai alat penyampai pesan. Multimedia
digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa yang menjurus kearah
terjadinya proses belajar. Artinya multimedia terdiri dari bermacam-macam media
yang dapat menjadi sarana dalam berinteraksi dengan menggunakan indera yang
dimiliki untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga memberikan banyak
pengalaman yang dapat mendidik orang cepat belajar. ‘Dengam menggabungkan
gambar, suara, animasi dan video menjadikan multimedia sebagai sarana pendukung
yang iteraktif dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan teknologi multimedia
sangatlah penting dalam pemndidikan. Multimedia dalam pendidikan sering juga
disebut sebagai multimedia pembelajaran, multimedia interaktif, media
pembelajaran, multimedia pembelajaran interktif, dan yang paling populer adalah
media pembelajaran interktif. Dengan penggunaan multimedia ini diharapkan
peserta didik dapat dengan mudah memahami konsep dalam pembelajaran yang
bersifat abstrak. Tapi perlu di ingat bahwa multimedia merupakan salah satu
alat batu dalam proses pemebelajaran di mana peran guru tidak bisa di gantikan
oleh multi media. Peran guru tetap di butuhkan, namun fungsinya sebagai
fasilitator dan motivator untuk siswa.image%25255B11%25255D Saat ini multimedia
sudah semakin marak digunakan sebagai media bahan ajar yang mendukung guru
dalam menyampaikan pesan kepada siswa. sebenarnya dalam pendidikan, multimedia
sudah lama digunakan, sebelum adanya pengenalan komputer di sekolah. Pada masa
itu kebanyakan multimedia yang digunakan adalah multimedia berupa pita kaset,
televisi, proyektor slide, dan proyektor film.
Peranan Multimedia
dalam pembelajaran cms-formulasi Multimedia adalah suatu kombinasi dari
berbagai medium, dimana kombinasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan
pembelajaran (Latuheru, 1988: 81). Multimedia juga dapat diartikan sebagai
gabungan dari teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya
dan berkomunikasi. Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi
berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk
menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan
sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai
elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks,
gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan
teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks,
gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan,
diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif. Menurut Arsyad
(2003) multimedia adalah berbagai macam kombinasi grafik, teks, audio, suara,
dan animasi. Penggabungan ini merupakan suatu kesatuan yang secara bersama-sama
menampilkan informasi, pesan, atau isi pembelajaran. Sedangkan Gayeski (1992) mengartikan
multimedia ialah suatu system hubungan komunikasi interaktif melalui komputer
yang mampu menciptakan, menyimpan, memindahkan, dan mencapai kembali data dan
maklumaat dalam bentuk teks, grafik, animasi, dan sistem audio. Penyajian
dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi
dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan
pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia
interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang
ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan
menghidupkan elemen-elemen tersebut. Peranan multimedia dalam pembelajaran erat
kaitannya sebagai alat untuk menyampaikan pesan terhadap siswa, dengan
penggabungan banyak unsur media. Dalam proses pembelajaran, media memiliki
fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa).
Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan
mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa
multimedia adalah suatu teknik yang digunakan untuk menggabungkan data, teks,
gambar, grafik, animasi, bunyi, dan video yang memanfaatkan tools serta links
untuk bernavigasi, komunikasi, serta berinteraksi dengan media tersebut.
KELEBIHAN MULTIMEDIA DALAM
PENDIDIKAN
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
- Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
- Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
- Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
- Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
- Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
- Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
- Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
KEKURANGAN MULTIMEDIA DALAM
PENDIDIKAN
·
Biaya relative mahal untuk tahap awal
·
Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih
perlu ditingkatkan.
·
Belum memadainya perhatian dari pemerintah
·
Belum memadainya infrastruktur untuk daerah
tertentu
Kesimpulan
`Dunia pendidikan sangat mengharapkan kehadiran media pembelajaran yang bermutu tinggi untuk meningkatkan kulaiti pendidikan. Kehadiran media seperti ini tidak bermakna kehilangan peranan guru sebagai penentu jalan proses pengajaran dan pembelajaran. Namun, kehadiran media pembelajaran yang berkesan boleh membantu mempertingkatkanlagi mutu pengajaran dan pembelajaran. Kehadiran teknologi multimedia memberi harapan baru dalam era pendidikan kerana media pembelajaran ini mempunyai keupayaan yang tidak diperoleh oleh media lain sebelum ini. Teknologi multimedia adalah salah satu media pembelajaran baru yang boleh digunakan untuk membantu proses pengajaran dan pembelajaran lebih berkesan. Ini adalah kerana multimedia menyepadukan pelbagai media; teks, suara, imej, grafik dan animasi. Selain daripada gabungan
http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html`Dunia pendidikan sangat mengharapkan kehadiran media pembelajaran yang bermutu tinggi untuk meningkatkan kulaiti pendidikan. Kehadiran media seperti ini tidak bermakna kehilangan peranan guru sebagai penentu jalan proses pengajaran dan pembelajaran. Namun, kehadiran media pembelajaran yang berkesan boleh membantu mempertingkatkanlagi mutu pengajaran dan pembelajaran. Kehadiran teknologi multimedia memberi harapan baru dalam era pendidikan kerana media pembelajaran ini mempunyai keupayaan yang tidak diperoleh oleh media lain sebelum ini. Teknologi multimedia adalah salah satu media pembelajaran baru yang boleh digunakan untuk membantu proses pengajaran dan pembelajaran lebih berkesan. Ini adalah kerana multimedia menyepadukan pelbagai media; teks, suara, imej, grafik dan animasi. Selain daripada gabungan
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2009-2-00582-IF%20Bab%202.pdf
http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://denyfareza.blogspot.com/2012/11/manfaat-multimedia.html
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran-di.html
http://apeace.web.id/pemanfaatan-multimedia-untuk-peningkatan-mutu-pendidikan/
http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://blog.binadarma.ac.id/dora/?p=7
http://lokerkomputer.blogspot.com
http://ejournal-s1.undip.ac.id
multimedia memang memegang peranan penting dalam berbagai bidang, termasuk untuk pembelajaran. tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara optimal
BalasHapusPSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
Telp. 0815 797 4549
BB. 7585807C
www.pscindonesia.com