Internet Base


Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Dasar-dasar Internet

·           Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.
·           Internet – adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 .
·           Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.
·           Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
·           TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
·           Dengan internet kita dapat  :
o    Berkomunikasi koresponden surat-menyurat dengan menggunakan e-mail
o    Memperoleh informasi dengan menerusi World Wide Web(WWW) 
o    Memindah file dengan menerusi File Transfer Protocol (FTP)
o    Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer
o    Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet
o    Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC)
o    Kemudian terdapat chating lain yang baru yang memungkinkan kita chatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chat juga ( technologi video streaming ) yaitu dapat kita gunakan MSN ( yahoo messenger / hotmail messenger )
o    Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan
o    Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari
o    Untuk perusahaan dapat dipergunakan untuk central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet
o    Dan technology yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana  saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]
·           Oleh sebab itu internet sangat – sangat berguna di masa sekarang dan yang akan datang. Seperti yang telah di ramalkan oleh Bpk Microsoft kita Mr Bill Gates bahwa suatu saat setiap rumah akan memiliki komputer seminim-minimnya 1 dan akan saling terhubung melalui jaringan internet. Jika Anda tergolong orang yang masih awam mengenai komputer maka Anda harus cepat-cepat belajar karena dunia masa depan adalah dunia informasi. Dengan teknologi internet ini maka informasi apa saja dapat Anda peroleh dalam sekejap mata.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun
Kejadian
Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an
Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an
ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Jaringan Tymnet dibuat.
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula,
emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan
BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari
Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982
Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Kejadian penting lainnya

Tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon “@” juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Contoh Jaringan Internet
·           sumber ilustrasi dari CBN
 begitu juga dengan komputer lain [ semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone ] Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet [ ISP / Internet Service Provider ].
Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya
·           Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider.  max Kecepatan 56kb.
·           Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb – 256kb.
·           ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern.  Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.
·           HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.
·           Anda telah mengerti internet dan ilustrasi jaringannya, kini bagaimana Akses / connect ke internet?? Cara termudah adalah dengan melalui jaringan telepon. dan ISP yang kita gunakan adalah telkom, karena dengan menggunakan telkom Anda tidak perlu register ke ISP lagi. ISP di Indonesia seperti CBN, Centrin, Radnet, linknet, dll…
·           Namun biasanya menggunakan ISP  koneksi internet dapat lebih cepat dan leibh murah. Disini kami akan memberikan contoh langsung akses melalui telkomnet Langkahnya adalah sebagai berikut :
Telah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100rb-an sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb.
Jaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya….
Kemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini [ yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini ]
o    Nomor Akses : 0809 8 9999
o    User Name : telkomnet@instan
o    Password : telkom
·           cukup dengan nomor dial up username dan password, langsung Anda dapat connect ke internet
• Tarif berkisar  : Rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon+ Internet)
• Kecepatan max : 56 Kbps (V.90)
·           Apakah jaringan telepon saya sudah bisa akses Telkomnet Instan ?
Cukup mudah untuk mengetahuinya. Angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka Anda dapat langsung masuk dunia cyber. Jika belum punya komputer, belilah komputer termasuk modem V.90. Jangan lupa minta toko komputer untuk sekaligus setting Telkomnet Instan. Apabila Anda
·           masih bingung Anda dapat akses Q & A telkom.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu (Wagito, 2005). Perangkat yang terhubung dengan jaringan disebut juga sebagai node. Hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan sumber daya jaringan (hardware dan software) ada.
Sebuah jaringan komputer biasanya terdiri dari 2 buah komputer atau lebih dan melakukan data sharing antar komputer. Informasi dan data bergerak melalui media komunikasi. Media komunikasi yang dipakai dalam membuat jaringan komputer antara lain adalah kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit

PROTOKOL JARINGAN

Protokol Jaringan adalah aturan-aturan yang digunakan dalam jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. Yang di atur adalah : Topologi/Bentuk Fisik Jaringan, Kabel yang di gunakan, dan Kecepatan transfernya. Berikut adalah Jenis-Jenis dari Protocol Jaringan :

1. Ethernet

Protokol Ethernet paling banyak di gunakan dalam sistem jaringan. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Ethernet bekerja dengan memperhatikan
network atau jaringan sebelum di lakukan transformasi atau transmisi data . Apabila jalur masih sibuk maka akan dia akan menunggu melakukkan pengiriman data hingga jalur bersih dari data.

Topologi :
Topologi BUS dan Topologi Star
Kabel :
Coaxial, Fiber Optic dan Twisted Pair
Kecepatan : 10 Mbps.

2. Local Talk

Local Talk merupakan protokol jaringan dengan menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Local Talk di Populerkan oleh
Machintos atau Apple Computer. Protocol Local Talk bekerja dengan menghindari dari tabrakan saat pengiriman data. Adapter Local Talk dan Kabel Twisted Pair khusus di gunakan dalam jaringan ini melalui serial port.

Topologi :
Topologi Bus
Kabel :
Twisted Pair
Kecepatan : 230 Kbps

3. Token Ring

Protokol Token Ring di populerkan oleh IBM pada tahun 1980. Metode akses protokol Token Ring adalah melalui sebuah Token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari satu komputer menuju ke komputer lainnya. Jika pada persinggahan di salah satu komputer terdapat data yang ingin ditransmisikan, Token akan mengirimkan data ke tempat yang di inginkan tersebut. Selanjutnya, Token bergerak untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.


Topologi :
Topologi Star
Kabel :
Twisted Pair dan Fiber Optic
Kecepatan : 4 Mbps - 11 Mbps

4. FDDI (Fiber Distributted Data Interface)

FDDI merupakan
protokol jaringan dengan metode akses model Token. FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh. Topologi ini bentuknya sama dengan Token Ring tetapi menggunakan 2 buah ring. Dengan Maksud apabila ring 1 ada masalah maka secara otomatis akan berpindah ke ring 2.

Topologi :
Topologi Star
Kabel :
Fiber Optic
Kecepatan : 100 Mbps

Dari ke empat macam Protocol di atas, Protocol yang paling populer atau berkembang adalah Protocol Ethernet karena Protocol Ethernet Cara Instalasi nya yang mudah dan Alat yang di pergunakan mudah untuk di cari di pasaran.

 1. Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi


Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

 2. WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

 3. MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
MODEL KONEKSI JARINGAN
A. Jaringan client server

Dalam jaringan ini satu komputer berfungsi sebagai pusat pelayanan (server) dan komputer yang lain berfungsi meminta pelayanan ( client ). Sesuai dengan namanya, client server berarti adanya pembagian kerja pengelolaan data antara client dan server. Saat ini, sebagian besar jaringan menggunakan model client/server.

B. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini tidak ada komputer yang berfungsi khusus, dan semua komputer dapat berfungsi sebagai client dan server dalam satu saat bersamaan. Pengguna masing-masing komputer bertanggung jawab terhadap administrasi resource komputer ( dengan membuat nama user, membuat share, menandai ijin mengakses share tersebut). Tiap-tiap user bertanggung jawab juga mengenal pembackupan data pada komputer. Sayangnya penempatan resource dapat menjadi sulit pada network peer to peer yang mempunyai lebih banyak komputer.

File Server : Sebuah komputer yang biasanya lebih tinggi dari pada workstation, digunakan sebagai tempat penyimpanan file dan file diakses oleh user workstation.

Kelebihan peer to peer
  • Pelaksanaan tidak terlalu mahal, relatif murah
  • Tidak membutuhkan software server NOS ( Network Operating System )
  • Tidak membutuhkan administrator network yang handal
Kerugian peer to peer
  • Tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol
  • Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administrative.
  • Keamanan kurang
  • Semua mesin yang sharing resource tidak mempengaruhi performa
Kelebihan client server
  • Memberikan keamanan yang lebih baik
  • Lebih mudah pengaturannya bila networknya besar karena administrasinya disentralkan
  • Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
Kerugian client server
  • Membutuhkan software NOS yang mahal contoh : NT atau server Windows 2000, XP,Novell, UNIX
  • Membutuhkan hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server
  • Membutuhkan administrator yang profesional
  • Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server, data user menjadi tak ada jika server mati.
Masyarakat modern kita sedang menghadapi sejumlah tantangan penting yang akan mendapatkan keuntungan lebih banyak dari informasi baru dan teknologi komunikasi. Manajemen energi (grid energi pintar, bangunan cerdas, ...) memerlukan teknologi jaringan canggih dikombinasikan dengan platform perangkat lunak yang didistribusikan dan layanan cerdas untuk mengoptimalkan konsumsi energi dan mengatasi energi berbagai sumber didistribusikan dan bervariasi dan tenggelam. Routing teknologi canggih, pengukuran trafik novel, sistem pelacakan cerdas dan kontrol otomatis secara drastis akan meningkatkan sektor transportasi dan logistik dengan meningkatkan efisiensi dalam hal konsumsi energi, manajemen waktu, keandalan, dll Contoh lain yang jelas adalah sektor kesehatan di mana kita dihadapkan dengan tantangan seperti penuaan penduduk, kelangkaan makanan atau obat-obatan pribadi. Di sini lagi ICT akan memainkan peran penting dalam sistem perawatan rumah, rumah sakit, pengembangan obat atau peralatan diagnostik.

Kelompok IBCN adalah melakukan penelitian dasar dan diterapkan pada jaringan komunikasi berbasis internet dan jasa, lebih khusus dengan fokus pada: (1) Jaringan Pemodelan, Desain dan Evaluasi, (2) Mobile Networking & Wireless, (3) Kinerja Tinggi Multimedia Pengolahan, (4) otonom Computing & Networking, (5) Layanan Teknik, (6) Konten dan Manajemen Cari, dan (7) Analisis Data dan Machine Learning. Penelitian ini diterapkan pada sejumlah aplikasi domain: Kesehatan dan perawatan, transportasi dan logistik, media, energi, hidup cerdas dan sistem biologi. Sebuah mapan uji lingkungan eksperimental dan sejumlah platform teknologi mendukung kegiatan ini. Penelitian dilakukan oleh tim yang antusias dari sekitar 140 orang yang terdiri dari sekitar 10 profesor, 25 pasca-docs, 95 peneliti dan 10 orang pendukung.

Kelompok IBCN milik Departemen Teknologi Informasi (INTEC) dari Universitas Ghent (UGent) dan merupakan bagian dari Departemen Internet Masa Depan iMinds (nama baru dari IBBT). Pada tingkat nasional kelompok bekerja sama dengan sekitar 100 mitra industri di proyek multidisiplin banyak. Juga internasional ada keterlibatan yang kuat dalam proyek-proyek penelitian Eropa, terutama di daerah Internet Masa Depan, dengan sekitar 50 selesai dan menjalankan proyek-proyek Uni Eropa selama 10 tahun terakhir. Sejak awal kelompok IBCN pada tahun 1992, penelitian tahun 1250 menghasilkan publikasi di jurnal internasional dan prosiding konferensi, 50 PhD, 30 penghargaan internasional, dan 4 spin-off perusahaan. Staf akademik memiliki keterlibatan yang kuat dalam informatika, rekayasa perangkat lunak dan program jaringan di Fakultas Teknik UGent.
Artikel ini adalah tentang sistem jaringan komputer publik di seluruh dunia. Untuk kegunaan lain, lihat internet (disambiguasi).
"Budaya Computer" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat cyberculture.
Internet
Visualisasi jalur Internet routing
Sebuah visualisasi Opte Proyek routing jalan melalui sebagian dari Internet.
Umum [acara]
Governance [acara]
Infrastruktur informasi [acara]
Layanan [acara]
Panduan [menunjukkan]
Portal ikon portal Internet

Jaringan komputer jenis dengan lingkup geografis

    Dekat lapangan (NFC)
    Tubuh (BAN)
    Personal (PAN)
    Dekat-me (NAN)
    Lokal (LAN)
        Rumah (HAN)
        Storage (SAN)
    Kampus (CAN)
    Tulang punggung
    Metropolitan (MAN)
    Luas (WAN)
    Internet
    Interplanetary Internet


Semi-dilindungi halaman

Internet adalah sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet protocol suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal untuk lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet membawa berbagai pilihan sumber daya informasi dan layanan, seperti antar-linked hypertext dokumen dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung email.

Kebanyakan media komunikasi tradisional termasuk telepon, musik, film, dan televisi sedang dibentuk kembali atau didefinisikan ulang oleh Internet, melahirkan layanan baru seperti Voice over Internet Protocol (VoIP) dan Internet Protocol Television (IPTV). Koran, buku dan penerbitan cetak lainnya beradaptasi dengan teknologi situs Web, atau dibentuk kembali ke blogging dan web feed. Internet telah diaktifkan dan mempercepat bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan instan, forum internet, dan jejaring sosial. Belanja online meningkat drastis baik untuk gerai ritel besar dan pengrajin kecil dan pedagang. Layanan bisnis-ke-bisnis dan keuangan di Internet mempengaruhi rantai pasokan di seluruh industri.

Asal-usul Internet mencapai kembali ke penelitian tahun 1960, ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk membangun kuat, fault-tolerant, dan didistribusikan jaringan komputer. Dana tulang punggung baru AS oleh National Science Foundation pada 1980-an, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial lainnya, menyebabkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru, dan penggabungan banyak jaringan. The komersialisasi dari apa yang oleh 1990-an jaringan internasional mengakibatkan mempopulerkan dan penggabungan ke dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada Juni 2012, lebih dari 2,4 miliar orang-lebih dari sepertiga manusia di dunia populasi telah menggunakan jasa Internet [1].

Internet tidak memiliki sentralisasi pemerintahan baik dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan; setiap jaringan konstituen menetapkan kebijakan sendiri. Hanya definisi melampaui batas dari dua ruang nama utama di Internet, alamat Internet Protocol ruang dan Domain Name System, yang diarahkan oleh organisasi pengelola, Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN). Fondasi teknis dan standarisasi protokol inti (IPv4 dan IPv6) adalah kegiatan Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah organisasi non-profit dari peserta internasional longgar berafiliasi bahwa siapa pun dapat mengaitkan dengan dengan menyumbangkan keahlian teknis.


Teori belajar
Teori belajar behaviorisme, kognitivisme, dan konstruktivisme melandasi pengembangan desain pembelajaran berbasis web. Teori behaviorisme menjadi rujukan dalam mengembangkan desain dalam bentuk pemberian umpan balik dalam latihan soal dan petunjuk praktis dalam tugas.  Teori kognitivisme menjadi acuan dalam mengorganisasi materi serta aktivitas pembelajaran. Mengacu pada teori kognitivisme, maka materi dan aktivitas pembelajaran  didesain agar memiliki makna bagi diri peserta didik, dan menumbuhkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Teori konstruktivisme menjadi inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar, tugas dan diskusi agar bersifat kontekstual dan memberikan pengalaman belajar peserta didik. Konstruktivisme sebagai cabang dari psikologi kognitif memberikan pengaruh besar terhadap cara berfikir para desainer pembelajaran. Menurut Bransford dalam Felix Modritscher (2006), terdapat empat faktor yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran secara, yaitu: (1) attention, (2) motivation, (3) emotions, and (4) experiences of the learner. Pengembangan e-learning mempertimbangkan proses kognitif seperti seleksi informasi ke dalam memori sensor, integrasi dan organisasi informasi dengan membangun koneksi dalam short-term memory, serta mengolahnya melalui pengiriman ke dalam long-term memory. Membangun motivasi merupakan hal penting untuk merangsang belajar dengan cara guru menjelaskan proses belajar yang akan dijalankan. Aspek motivasi  dalam e-learning juga dapat dipengaruhi oleh learning content, kejelasan relevansi pembelajaran, atau melibatkan elemen interaktif seperti game dan simulasi. Emosi, seperti motivasi, berpengaruh besar dalam proses belajar. Mengarahkan emosi siswa pada aspek yang tepat dapat menjadi kunci proses kognitif untuk menyimpan informasi dalam memori jangka pendek mupun panjang. Dalam e- learning, peningkatan kualitas pembelajaran dengan emosi melalui storytelling, empathy, provocations, emotional figures, animations, dan kerja kelompok. Transfer pengetahuan dapat ditingkatkan jika mampu membentuk pengalaman belajar siswa dengan menghubungkan pengetahuan awal yang berbeda ke domain yang sama atau konteks yang sejenis.

Teori sistem
Pembelajaran berbasis web merupakan sistem yang terdiri dari komponen: tujuan pembelajaran, materi, gambar, animasi, navigasi, tugas, diskusi, dll. Dalam hal ini organisasi dan penyajian materi disusun sistematis menurut urutan konsep yang logis. Urutan komponen pembelajaran juga sistematis: tujuan pembelajaran, materi ajar, latihan, diskusi, dan tugas.
Teori komunikasi
Teori komunikasi terkait dengan proses pengiriman pesan pembelajaran dari pendidik kepada peserta didik, agar berlangsung efektif. Untuk membangun efektivitas transformasi pesan yang berisi pengetahuan maupun nilai-nilai, maka tampilan pesan yang disajikan harus baik, komunikatif, dan menarik. Oleh karena itu teori komunikasi menjadi dasar dalam mengemas pesan pembelajaran, tampilan gambar dan animasi, serta perancangan interface.

Teori desain instruksional
Menurut teori desain instruksional (Walter Dick, dkk, 2005: 188), dalam mengembangkan strategi pembelajaran harus dilakukan content sequence and clustering. Terdapat lima faktor yang perlu dipetimbangkan dalam meng-cluster bahan ajar. Faktor-faktor tesebut meliputi tingkatan umur peserta didik, kompleksitas materi, tipe media yang digunakan, aktivitas belajar siswa, dan waktu yang tersedia. Teori-teori tersebut dianggap relevan dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis web, sesuai porsi dan prinsip masing-masing. Merujuk pada teori-teori tersebut, maka hasil pengembangan multimedia pembelajaran berbasis web akan relatif lebih layak.

Karakteristik Pembelajaran Berbasis Web
Dari sekian banyak metode dan teknologi yang dipakai dalam pembelajaran berbasis internet, pada umumnya memiliki karakteristik:
1. materi pembelajaran terdiri atas teks, grafik, dan unsur multimedia seperti video, audio, dan animasi
2. adanya aplikasi komunikasi yang realtime dan tidak realtime seperti ruang chat, forum diskusi, dan konferensi video
3. penyimpanan, pemeliharaan, dan pengadministrasian materi dilakukan dalam webserver
4. memanfaatkan jasa teknologi elektronik, di mana dosen dan mahasiswa relatif mudah berkomunikasi tanpa ada batasan yang bersifat protokoler
5. menggunakan bahan ajar bersifat mandiri yang disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan di mana saja
Berdasarkan pemanfaatannya, pembelajaran berbasis web dibedakan menjadi:
1. Web based instruction adalah bentuk pendidikan jarak jauh di mana pembelajaran dikirimkan sepenuhnya secara online. Dalam web based instruction, peserta didik dan pendidik tidak pernah melakukan interaksi atau pertemuan tatap muka, seluruh materi pembelajaran dan ujian dikirim melalui web.
2. Web enhanced instruction adalah bentuk pembelajaran di mana sebagian materi atau sesi kelas dikirimkan atau dilakukan melalui web dan sebagian lainnnya diajarkan dalam bentuk tatap muka. Dengan demikian dalam web enhanced instruction, tidak semua materi diberikan melalui website karena pertemuan tatap muka masih tetap dilakukan. Dalam hal ini pembelajaran online menjadi pendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara umum.
Web supported instruction adalah pembelajaran yang dilakukan dengan cara tradisional dan tatap muka di kelas regular, tetapi diberi tambahan tes atau aktivitas online (Davidson & Rasmusen, 2006: 24).

Koneksi ke Internet

• Modem/Dial Up: Menggunakan modem yang dihubungkan dengan kabel telepon untuk akses internet
• Kabel Broadband: Menggunakan modem yang dihubungkan dengankabel TV untuk akses internet
• DSL (Digital Subscriber Line): Menggunakan Digital Subscriber Line yang dioperasikan lewat jalur telepon dan dapat digunakan secara simultan dengan jalur telepon
• Satelite Broadband: Menggunakan satelit broadband untuk mengirim dan menerima data kecepatan tinggi dengan menggunakan antena
• ISDN: Menyediakan data dan suara secara digital untuk koneksi ke internet
• T-Line: Menyediakan akses langsung ke internet menggunakan sirkuit digital pada telepon standar yang disediakan oleh ISP
• Wireless: Menyediakan koneksi yang sangat cepat ke internet tanpa kabel

Jenis – jenis Layanan Internet

• Web
• Email
• Chatting
• File Sharing
• Teleconference
• Open Sosial
• DLL

Protocol TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol
Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet
Protokol ini mensyaratkan bahwa setiap komputer dalam jaringan internet harus memiliki identitas yang unik yang dinamakan nomor atau alamat IP (IP Address)
Alamat IP terdiri dari empat bilangan dengan masing-masing bernilai 0 sampau dengan 255, dan antar bilangan dipisahkan oleh tanda titik


FTP (File Transfer Protocol)
Adalah protokol yang berfungsi untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya
SiteFTP menyediakan buku-buku, artikel, software ,games, images, sound, multimedia, data dsb
Memiliki perintah yang memungkinkan user melakukan koneksi ke
remote komputer untuk mengambil beberapa file

DNS (Domain Name System)
Yaitu Sistem yang memetakan domain ke alamat IP/versi teks dari IP Address
Tujuan untuk mempermudah pengaksesan suatu resource di internet
Contoh:
http:www.uii.ac.id
�� http://202.162.37.164
uii = nama domain
ac = jenis layanan
id = kode negara
http://www.imagineitcenter.com ?
imagineitcenter = nama domain
com = jenis layanan

WWW (World Wide Web)
Yaitu Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext
Web menggunakan protokl HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP
Dokumen web ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language) yang diletakkan dalam web server dan diakses oleh klien melalui web browser. Mengakses web dari web browser perlu menyebutkan URL (Uniform Resource Locator)
URL (Uniform Resource Locator)
Adalah Alamat dari sebuah resource yang dapat diakses di Internet.
Terdiri dari: Jenis protokol , Alamat IP/nama domain dan Nama file
Contoh: http://www.imagineitcenter.com/index.php

Top Level Domain

• .com è commercial
• .edu è educational
• .gov è government
• .mil è military
• .net è networking
• .org è nonprofit organization
• .biz è bussines
• .info è multi purposes
Second Level Domain
Bagian dari alamat yang mengidentifikasi organisasi
- Klasiber.uii.ac.id
- Informatics.uii.ac.id
- Ndr7.wordpress.com

Web Browser
Yaitu Aplikasi yang mengirimkan request ke server HTTP dan menerima response dari server HTTP
Contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome,Netscape Navigator, Dll…
Web Programming

1. Client Side Scripting : HTML, Javascript, CSS
2. Server Side Scripting: PHP, ASP, DLL
Web Application
Yaitu Aplikasi web dibagi atas dua bagian, yaitu
1. Web Statis ; Dibentuk menggunakan HTML saja. Update dilakukan secara manual dan melakukan perubahan script pada halaman tersebut
2. Web Dinami ; Dibentuk menggunakan aplikasi tambahan (server side scripting & database) sehingga data dapat di-update tanpa mengubah script
HTML (HIPER TEXT MARKUP LANGUAGE)
HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web dan HTML kini merupakan standar Internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.
Yang dimaksud dengan HyperText adalah beberapa teks yang ada dalam dokumen HTML memuat informasi yang menghubungkan ke lokasi yang berbeda, baik dalam satu struktur dokumen atau ke alamat lain di internet. Sedangkan Markup Language merupakan bagian spesifik pada dokumen yang mengindikasikan bagaimana suatu informasi akan ditampilkan pada web browser.

- Editor HTML
§ Text editor
§ Notepad
§ Editor plus
§ Ultra edit
§ WYSWYG
§ Macromedia dreamweaver
§ Microsoft frontpage
§ Microsoft publisher
HTML Ekstensi : Untuk menyimpan file HTML ekstensi yang digunakan adalah .htm atau html. Dan Ekstensi yang paling sering digunakan adalah .html

Tags HTML

• HTML tags digunakan untuk menandai element HTML
• HTML tags ditandai dua character
• HTML tags ditulis berpasangan seperti dan
• Tags yang pertama adalah start tag dan tags kedua adalah end tag
• Teks diantara tag adalah content element
• HTML tags tidak case sensitif , sama dengan
Keunggulan dan Kelemahan Internet
Berbagai keunggulan yang dapat diperoleh dalam internet sebagai sarana pendukung kebutuhan masyarakat, khususnya dalam riset dan bisnis. Keunggulan tersebut antara lain :
  1. Konektivitas dan jangkauan global
Dalam internet jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang, waktu dan birokrasi, di mana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler. Misalnya kalian membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, maka akan dijumpai berbagai sumber dan informasi dalam internet secara global tanpa harus mendatangi sumber dan informasi tersebut. Di samping itu apabila kalian pelaku bisnis dan akan menginformasikan produk kalian, maka di internetlah sebagai salah satu bentuk promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Pendek kata hampir seluruh kebutuhan informasi tersedia di internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.
2. Akses 24 jam
Akses di internet tidak dibatasi dengan waktu, karena di mana pun dan kapan pun dunia maya (akses internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zone waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah internet. Misalnya kamu akses internet pada malam hari, maka di belahan dunia lain (misalnya Afrika dan Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
3. Kecepatan
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbangan dengan pencarian secara manual. Kamu tinggal klik pada sala satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah kamu dapatkan.
4. Interaktivitas dan fleksibilitas
Dalam dunia internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat kamu lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang kamu lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu kamu dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain.
Di samping keunggulan seperti tersebut di atas, internet juga mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut tergantung dari sudut pandang setiap pengguna dan bersifat relatif. Kelemahan tersebut antara lain sebagai berikut :
5. Ancaraman virus
Salah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia computer maupun perkembangan internet itu sendiri. Berbagai virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar lewat jaringan global internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang didownload.
6.  Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan internet service provider.
Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian internet. Apabila kamu akses internet dial-up, maka kenaikan tariff pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses internet. Selain itu slauran telepon di Indonesia masih relative lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih mahal. Di samping itu terbatasnya bandwich sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang akses internet dalam waktu bersamaan akan mempengaruhi akses internet.
Fasilitas Internet
Saat ini jika orang berbicara tentang internet , yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut World Wide Web (www). Pada kenyataannya internet mempunyai banyak bagian yanglain,yaitu:
ü World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web kita bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Jenis browser-pun ada banyak macamnya, diantaranya Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Mozilla Firefox, dll.
ü Electronic Mail disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu kuatir surat tersebut akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya. Untuk mengirim atau menerima e-mail kita diharuskan mempunyai account email yang berada di sebuah website, semisal Yahoo! Mail, Google Mail, dll. Yang perlu dilakukan hanya mengetik surat tersebut dan kemudian mengirimkannya. Di internet juga banyak tersedia Mailing List, fasilitas yang memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika kita bergabung dengan salah satu mailing list, kita bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut.
Apapun fasilitas yang anda gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet. Melalui fasilitas-fasilitas internet itu, kita bisa melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuandan wawasan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar